Danau Tamblingan

12 April 2018 10:27:26 WITA

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Banjar Dinas Tamblingan desa Munduk, Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng

Jika anda berkunjung ke objek wisata danau Tamblingan di Desa Munduk Kecamatan Banjar Buleleng Bali ini, maka anda bisa merasakan indahnya alam danau yang dikelilingi oleh hutan lebat, suasana alamnya segar dan masih alami. Tidak hanya itu anda bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu kecil yang dinamakan pedahu. Bentuk pedahu adalah sebuah sampan yang juga digunakan menangkap ikan oleh nelayan setempat, namun tidak bermotor, sehingga tidak mencemari lingkungan dan alam sekitarnya. Suasana alamnya memang masih perawan dan alami. Apalagi jika anda berkunjung saat pagi hari, saat sinar mentari menembus kabut tipis akan terasa lebih spesial dan mengesankan.

Ada sebuah sejarah yang menceritakan adanya keberadaan danau Tamblingan dan desa yang berada di sekitarnya. Disekitar danau Tamblingan ada 4  Desa yang mengelilingi danau tersebut atau dikenal dengan catur desa, yaitu desa Munduk, Gobleg, Gesing dan Umajero. Namun pada suatu ketika keempat desa tersebut terjadi wabah penyakit. Kemudian salah satu orang yang dianggap suci dan sakti mengambil air suci dari danau tersebut dan ajaibnya penyakit yang mewabah tersebut hilang dan warga bisa sembuh sedia kala, untuk itulah sampai sekarang warga wajib menjaga kesucian air danau tersebut. Sehingga pada akhirnya danau tersebut dinamakan Tamblingan yang berasal dari bahasa Bali “Tamba” yang artinya obat dan “Elingan” berarti mengingatkan akan kekuatan spiritual.

Memang sangat terasa kesakralan kawasan ini ini terbukti ada sekitar 11 pura di kawasan ini, bahkan dua buah diantaranya yaitu Pura Tukang Timbang dan Pura Embang merupakan peninggalan kuno sudah dibangun sebelum abad ke 10, selain kedua tersebut pura lainnya disekitar danau pura Dalem Tamblingan, Pura Gubug, Pura Endek, Pura Naga Loka, Pura Batulepang, Pura Tirta Mengening, Pura Pengukiran, Pura Sang Hyang Kawuh, Pura Ulun Danu dan Sang Hyang Kangin. Sehingga sangat tepat dan ideal sekali kawasan ini dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat sebagai tempat wisata spiritial.

Dokumen Lampiran : Obyek Wisata Danau Tamblingan Desa Munduk


Komentar atas Danau Tamblingan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

FACEBOK

Tolong Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Munduk

tampilkan dalam peta lebih besar